Wednesday 24 October 2012

SABILY LINUX – SISTEM OPERASI LINUX BERNUANSA ISLAMIC


              Sabily adalah sebuah sistem operasi seperti MS Windows atau Mac OS X. Tanpa sebuah sistem operasi, komputer tidak akan dapat digunakan. Sabily menggunakan sistem operasi Ubuntu sebagai dasar. Ubuntu adalah sebuah distro dari GNU/Linux yang bertujuan menyediakan sebuah sistem operasi yang mudah digunakan, mengikuti perkembangan zaman, stabil dan bebas, bahkan untuk perusahaan sekalipun. Sabily disesuaikan dari Ubuntu dengan membuang, memodifikasi dan menambahkan perangkat lunak, dan juga menyesuaikan desain grafis agar sesuai dengan sistem yang diadaptasi untuk kaum Muslim. Sabily tersedia dari paket ubuntu yang dikostumisasi sehingga didalamnya tersedia berbagai paket aplikasi Islam, Sabily sangat cocok digunakan bagi pengguna Ubuntu yang beragama Islam. Ubuntu sangat mudah digunakan bagi pemula, didalamnya terdapat aplikasi perkantoran, grafis, video dsb. sehingga dengan Sabily pun diharapkan mudah digunakan. Dengan Sabily kita akan mendapatkan berbagai aplikasi Islam seperti (aplikasi pengingat shalat, aplikasi belajar Al-Qur'an, Kalender Hijriyah, cursor mouse yang selalu berdzikir dsb.) dan tentu dengan desain/tema yang bernuansa Islam


GAMBAR 1. SCREENSHOT DEKSTOP SABILY AL-QUDS
          Untuk menjalankan proses instalasi Ubuntu sebelum memulai instalasi harus mengetahui spesifikasi sistem yang di butuhkan oleh Ubuntu agar berjalan optimal. Ubuntu versi stabil terbaru pada saat tulisan iniadalah Ubuntu 12.04 Maverick Meerkat, membutuhkan minimum RAM 256 MB, namun akan optimal jika kapasitas RAM 512 MB atau lebih. Kapasitas hard disk drive (HDD)10GB sudah lebih dari cukup untuk menjalankan Ubuntu. Untuk hardware pendukung lainnya seperti VGA, soundcard, LAN card dan lain-lain sebagian besar sudah dapat di gunakan tanpa melakukan instalasi driver karena sudah di sertakan di dalam CD instalasi Ubuntu. Jika Anda hendak menginstall Ubuntu dengan OS lain, dual boot dengan windows misalnya, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan partisi kosong untuk Ubuntu.
          Sabily tersedia dalam bentuk Live DVD, yang dapat boot pada komputer tanpa instalasi, namun akan berjalan optimal jika menginstalnya kedalam hard disk. Saat ini ada tiga versi yang ada:
  1. Versi "kecil" Small version (967.96 MB) berisi paket utama Sabily, termasuk artwork and     aplikasi dan Arabic support.
  2. Versi "penuh" Full version (1.55 GB) sama halnya dengan versi "kecil" (small) ditambah multimedia, edukasi and bermacam-macam paket.[3]
  3. Versi "lengkap" Ultimate version (3.3 GB) sama halnya dengan versi "penuh" (full), ditambah belajar Al-Qur'an tilawah offline yang disediakan oleh Muhammad Siddeeq al-Minshawi, Huzify, Saad al-Ghamadi and Mishary Rashed Alafasy yakni Huzaify (24 kbps, 322 MB), Sa’ad al-Ghamadi (40 kbps, 433 MB), Minshawi (48kbps, 598 MB) and Mishary Rashed Alafasy (40 kbps, 508 MB).

          Untuk Anda yang tidak memiliki koneksi internet, disarankan menggunakan Sabily versi Ultimate, karena sudah mencukupi untuk kebutuhan komputasi sehari-hari seperti memutar file-file multimedia, perangkat lunak perkantoran (openoffice, mirip seperti Microsoft Office pada Windows), game edukasi, desain grafis dan lain sebagainya tanpa perlu install software ini itu.
Jika memiliki koneksi Internet yang mumpuni silakan download Sabily di situs resminya. Ukuran file untuk versi Ultimate lumayan besar yaitu 3,3 GB. Jika tidak memiliki koneksi internet yang mumpunidisarankan untuk membeli DVD Instalasinya di toko-toko online, kisaran harganya 15-25rb.

Kelebihan Sabily Linux :
          Sabily adalah distro Linux yang didesain khusus untuk umat Islam dan didalamnya telah terinstal bahasa Arab serta mengusung tampilan theme dengan nuansa Islami yang kental. Sabily rilis 11.10 ini mengusung tampilan yang didominasi warna hijau dengan theme bernuansa Islam dan mengusung desktop Gnome Shell dan Gnome 3 Classic. Kelebihan Sabliy dibanding distro lain adalah adanya paket aplikasi islami yang sudah terinstall didalamnya, Anda tidak perlu repot mengunduh aplikasi Islami di distro Sabily.

  • Zekr, adalah aplikasi untuk pembelajaran kitab suci Al-Quran yang didalamnya terdapat terjemahan untuk membantu memudahkan belajar sembari ngabuburit. Zekr yang merupakan aplikasi Islami utama pada Sabily memiliki fasilitas yang lengkap dan sangat menarik. Dengan aplikasi ini Anda dapat membaca dan mencari surat, juz, maupun ayat Alquran secara mudah. Anda dapat mengkopi keseluruhan dari ayat dan memasukkannya ke aplikasi Office yang Anda kehendaki.
  • Minbar Prayer Times, adalah aplikasi Islami untuk mengingatkan waktu sholat dan juga menunjukan waktu sholat berdasarkan lokasi pengguna.
  • Monajat, aplikasi ini memiliki fungsi mirip dengan Minbar Prayer Times yaitu untuk mengingatkan ibadah sholat dan aplikasi ini akan memunculkan pop-up ketika waktu sholat tiba.
  • Webstrict, sebuah aplikasi penyaring konten web yang berfungsi untuk memblokir akses ke webporno.
  • Thwab, sebuah aplikasi sistem ensiklopedia elektronik Islam, sangat bermanfaat untuk menambah wawasan pengguna.
  • Hijra, sebuah aplikasi kalender Hijriyah atau kalender Islam.
  • Gnome Nanny, aplikasi parental control
  • Zakat Calc, aplikasi yang dapat membantu perhitungan Zakat Mal
          Selain dilengkapi dengan perangkat lunak dan aplikasi Islami, Sabily Linux juga dilengkapi perangkat lunak untuk komputasi sehari-hari seperti aplikasi kantoran Libre Office, aplikasi grafis open source Inkscape, Scribus, VirtualBox dan banyak lagi.
                  Secara umum aplikasi yang dibawa distro Sabily Linux cukup lengkap dan tak hanya aplikasi Islami saja, namun juga aplikasi untuk komputasi harian yang dapat digunakan untuk bekerja.

Kekurangan Sabily Linux :
          Kekurangannya adalah masih belum support terhadap beberapa perangkat keras tertentu dan buku panduan yang dijual masih minim karena kurang popoulernya linux distro ini.
Untuk pranala luar situs resmi Sabily dapat dibuka di “http://www.sabily.org/website/” & situs resmi Sabily Indonesia dapat dibuka di “http://www.sabily-id.org/

REFERENSI :


No comments:

Post a Comment